Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Rabu, 18 Januari 2012

Aktivitas Pemimpin atau Manajer



Secara ringkas, aktivitas-aktivitas seorang manajer adalah sebagai berikut :
1. Komunikasi. Aktivitas ini mencakup informasi yang berubah secara rutin dan pengolahan paper work. Perilaku yang diobservasi mencakup menjawab pertanyaan-pertanyaan procedural, menerima dan menyebarkan informasi yang diinginkan, menyampaikan hasil rapat, memebri dan menerima informasi rutin melalui telepon.
2. Manajemen tradisional. Aktivitas ini mencakup informasi perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengawasan. Perilaku yang diobservasi mencakup penetapan tujuan dan sasaran, menentukantugas yang dioerlukan untuk mencapai tujuan, penjadwalan karyawan, menetapkan tugas, member instruksi rutin, menentuka masalah, manangani krisis operasional harian.
3. Manajemen sumber daya manusia. Aktivitas ini mencakup sebagian besar kategori perilaku : memotivasi/menguatkan, mendisiplin/menghukum, mengelola konflik, staffing, dan memebrikan pelatihan/mengembangkan, tetapi kategori pendisiplinan/pemberian hukuman dihilangkan karena tidak boleh diobservasi. Perilaku yang diobservasi mencakup mengalokasikan perhargaan formal, meminta masukan, menyampaikan apresiasi, memberikan kredit sebagaimana mestinya, mendengarkan saran, memberikan umpan balik, memberikan dukungan kelompok, menyelesaikan konflik antar anggota, naik banding ke otoritas yang lebih tinggi atau pihak ketiga untuk menyelesaikan perselisihan, mengembangkan deskripsi pekerjaan.
4. Jaringan. Aktivitas ini mencakup bersosialisasi/berpolitik, dan berinteraksi dengan pihak luar. Perilaku yang diobservasiberasosiasi dengan aktivitas ini, termasuk perbincanganyang tidak berhubungan dengan pekerjaan,;lelucon informal, gossip, kabar angin, menghadapi para pelanggan, melakukan/menghadiri event-event pelayanan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar