Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Rabu, 18 Januari 2012

Peran Pemimpin atau Manajer



Sebagai dasar studi observasional langsung (bukan penelitian menggunakan kuesioner atau wawancara), Mintzberg mengajukan tiga jenis peran manajerial, atau lebih dikenal dengan peran interpersonal yang muncul secara langsung dari otoritas resmi dan mangacu kepada hubungan antara manajer dengan yang lainnya.
Peran pemimpin bayangan. Sebagian besar waktu dipakai sebagai pemimpin bayangan dalam tugas-tugas seremonial seprti menyambut tur kelas pelajar atau mengajak pelanggan penting untuk makan siang.
Peran pemimpin. Manajer menggunakan pengaruhnya untuk memotivasi dan mendorong bawahan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasional.
Peran kepehubungan. Mengakui bahwa manajer sering menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang lain di luar unit mereka daripada bekerja dengan para pemimpin dan bawahan mereka sendiri.
Selain peran interpersonal manajer juga memiliki peran informasional yang penting. Manajer menghabiskan banyak waktu untuk member dan menerima informasi.
Sebagai monitor. Manajer secara terus-menerus mengamati lingkungan dan menyelidiki bawahan, bos, dan kontak luar sebagai informasi.
Sebagai disseminator. Manajer mendistribusikan informasi untuk mencocokannya dengan orang-orang dalam, dan
Sebagai pembicara. Manajer memberikan informasi kepada pihak luar.
Dan terdapat juga peran manajer dalam pengambil keputusan, manajer bertindak berdasarkan informasi. Terbagi dalam :
Sebagai kewirausahaan, manajer memulai perkembangan proyek dan menempatkan sumber yang diperlukan.
Sebagai pengendali gangguan, pada sisi yang lain, daripada proaktif seperti pengusaha, manajer rekatif terhadap permasalahan dan memaksakan situasi. Dan manajer memiliki jenis peran manajemen krisis, contohnya pada para karyawan akan memberontak.
Sebagai alokator sumber daya, manajer memutuskan siapa mendapatka apa di departemennya.
Sebagai negosiator, manajer menghabiskan waktu pada semua tingkat negosiasi member dan menerima bawahan, bos, dan pihak luar.
Para pemimpin masa kini sesungguhnya memiliki tanggung jawab interpersonal dan informasional sekalipun ada argumen bahwa tanggung jawan informasional telah beralih keposisi primer. Dan para pemmpin tetap memiliki tanggung jawab pengambilan keputusan , namun tanggung jawab ini meningkat dan dibagi dengan beberapa pemegang saham dan mitra jaringan. Sifat dasar kepemimpinan, seperti yang didefinisikan oleh Mintzberg, mungkin sesuai untuk saat ini, tetapi ekonomi berjaringan mengirim berbagai permintaanbaru kepada para pemimpin di semua tingkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar