Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Kamis, 29 September 2011

Perangkat Input


a.      Keyboard
Keyboard/Papan Ketik adalah  unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

b.      Terminal/Layar Komputer

Terminal/Layar Komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

c.       Keypunch atau Key To Tape
Keypunch/Key To Tape adalah perangkat untuk secara manual memasukan data ke dalam kartu menekan dengan melubangi tepatnya di lokasi yang di tunjuk oleh symbol disambar oleh operator. Keypunch adalah mekanik, seringkali mirip dengan sebuah meja, dengan keyboard yang mirip dengan mesin tik, dan dengan hopper untuk kartu kosong dan stackers untuk kartu punched. Beberapa model keypunch bias menccetak di bagian atas kolom karaktermenekan masing-masing kolom.

d.      Touch Screen
Touchscreen adalah sebuah perangkat inputkomputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layarmenggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

e.      Light Pen

Light  Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light Pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke computer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

f.        Computer Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat juga berfungsi sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).  


g.      Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.




h.      Printer

Printer adalah suatu peralatan yang dapat menghasilkan informasi berupa text dan gambar pada kertas. Kita dapat mensetting orientasinya menjadi portrait dan landscape. Hasilnya biasa disebut printout atau hardcopy.

i.        Plotter
Plotter adalah printer besar yang digunakan untuk mencetak gambar dengan ukuran yang besar pula dan kualitas tinggi. Adapun pengertian lain plotter adalah sebuah mesin yang secara otomatis akan menggambar grafik berdasarkan data yang di masukkan.
       Macam-macam plotter yaitu :
·         Plotter Gerber Infinit
·         Plotter Mechano
·         Plotter Final

j.        Video Display Terminal
Video Display Terminal adalah istilah yang digunakan, terutama dalam ergonomis studi, untuk komputer display .

k.       Machine language
Machine language adalah ‘bahasa alami’ dari sebuah komputer dan bahasa tersebut didefinisikan oleh manufaktur/desain hardware yang bersangkutan.

l.        Symbolic language
Symbolic language adalah salah satu cara untuk mengetahui arti sebenarnya dari kata-kata yang sedang bekerja didalamnya.



m.    High Level language
High Level Language adalah Sebuah  Programming Language yang mendukung pengembangan sistem pada tinggi Level Of Abstraction , sehingga membebaskan pengembang dari menjaga di kepalanya banyak rincian yang tidak relevan dengan masalah di tangan.

n.      Query Language
Query Language adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat query ke dalam database dan sistem informasi .

o.      Operating System
Sebuah sistem operasi (OS) adalah seperangkat program yang mengelola perangkat keras komputer sumber daya, dan menyediakan layanan umum untuk perangkat lunak aplikasi .Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.

p.      Multiprogramming
Multiprogramming komputer adalah alokasi sumber daya sistem komputer dan untuk lebih dari satu pekerjaan bersamaan, aplikasi ataupengguna ("Program" dalam nomenklatur).
q.      Multitasking
Multitasking adalah metode dimana banyak tugas, juga dikenal sebagai proses , berbagi sumber daya pengolahan umum seperti CPU . 
r.       Time Sharing
Time-sharing adalah berbagi sumber daya komputasi antara banyak pengguna melalui multiprogramming dan multi-tasking . Diperkenalkan pada 1960-an, dan munculnya sebagai model komputasi terkemuka pada 1970-an, mewakili pergeseran teknologi utama dalam sejarah komputasi.


s.       Virtual Storage
Virtual storage adalah berarti bahwa setiap program yang berjalan bisa menganggap itu memiliki akses ke semua penyimpanan yang didefinisikan oleh skema pengalamatan arsitektur. Satu-satunya batas adalah jumlah bit dalam alamat penyimpanan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar