Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Minggu, 18 September 2011

Sebagai Pemimpin dalam Organisasi



Seorang pemimpin memiliki berbagai atribut yang membedakan dirinya dengan orang lain dimana dia bisa dipandang oleh anggota organisasi. Perusahaan yang menerapkan metodologi Six Sigma membutuhkan karyawan dengan kecerdasan memimpin.
Membuat diri Anda sebagai pemimpin
Apakah Anda ingat kejadian ketika Anda memikirkan jalan untuk melakukan ide-ide Anda dan menyelesaikan pekerjaan Anda? Mungkin sudah menjadi tujuan Anda untuk merencanakan dan menyelesaikan tugas baru atau tugas lama dengan cara yang berbeda. Pendekan baru ini merupakan puncak dari kedewasaan Anda sebagai pemain tim dengan kemampuan untuk melakukan tugas dengan penuh pertimbangan dan dengan cara yang efektif.
Ada 3 cara dimana Anda bisa menempatkan diri sebagai pemimpin:
  1. Menempatkan diri Anda sebagai orang yang bisa dipercaya. Iklim bisnis saat ini membutuhkan pemecah masalah yang bisa diandalkan. Semakin Anda dipercaya semakin tumbuh tinggi kepercayaan pada Anda sebagai pemimpin.
  2. Daya akal yang panjang adalah langkah penting selanjutnya. Dengan mengetahui atau menemukan jawaban dari masalah akan selalu dihargai. Juga dengan menyediakan diri Anda akan selalu mendapatkan perhatian dari manajemen atas. Pentingnya data terkadang menentukan keberhasilan opearasi; bagaimanapun, seluruh sistem bisnis masih tergantung pada interaksi manusia.
  3. Buat diri Anda mudah didekati oleh rekan dalam kelompok serta kolega junior. Ini akan memperkaya reputasi Anda sebagai pemain tim dan motivator besar.
Langkah pertama untuk menempatkan diri Anda sebagai pemimpin dalam organsasi adalah dengan mengambil tanggung jawab baru dan memenuhinya. Ini menegaskan posisi Anda sebagai orang yang bisa dipercaya. Tapi mencapai ini bukan hal yang kecil – diperlukan karakter yang kuat.
Memimpin dari depan
Anda tidak bisa menegaskan diri Anda sebagai pemimpin kecuali Anda bisa memimpin dari depan di berbagai situasi bisnis. Ini adalah kualitas dasar seorang pemimpin yang perlu dikembangkan. Langkah ini membutuhkan tingkat kedewasaan yang mencegah Anda melompat ke keputusan yang salah. Ketahui tidak semua keputusan yang ingin Anda buat mudah dilakukan. Seorang manajer yang berkembang harus menghindari agar tidak emosional ketika dia harus mendisplinkan anak buah atau bawahannya. Tindakan Anda harus bisa dibenarkan dan harus melangkah ke tujuan perusahaan.
Sebagai seorang pemimpin, Anda harus menjadi pendengar dan komunikator yang baik. Anda tidak bisa melakukan ini jika Anda selalu bicara! Mendengarkan ide-ide kolega mungkin akan memberikan ide-ide baru serta membangun kepercayaan diri Anda. Mengarahkan pada sesi sumbang saran penting dalam proses ini.
Tindak lanjut yang baik setelah melakukan rencana menandai kualitas penting lainnya dalam diri seorang pemimpin. Jika Anda tidak melakukan follow up, proyek akan berubah menjadi masalah dikarenakan kurangnya pengarahan dan akan menyebabkan kegagalan.
Pendekatan Manusia
Seorang pemimpin yang baik dihormati oleh kolea karena mereka percaya dengannya dan kemampuannya. Mendengarkan masalah kolega, baik personal atau terkait dengan pekerjaan, dan mencoba dengan tulus menyelesaikannya, akan mendapatkan respek mereka ssebagai tanda seorang pemimpin yang baik.
Tidak semua pemimpin dilahirkan; beberapa diantaranya ada yang dibentuk melalui pemikiran, ketabahan dan keingina untuk menang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar